PROFIL YAYASAN HAJI SABIH GOENADJAYA DIKOESOEMAH

A. Latar Belakang
Segala puji bagi Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, yang menguasai Hari Pembalasan dan akibat yang baik itu bagi orang-orang yang bertaqwa serta tidak ada siksaan kecuali bagi orang-orang yang Dholim.
Allah telah menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna dari segala makhluk yang telah diciptakan-Nya. Allah menciptakan manusia sebagai tempat manusia untuk mencari keridloannya dalam Iman dan Taqwa. Allah telah berikan kitab yang paling sempurna yakni kitab suci Al-Qur’an sebagai panduan bagi manusia dalam menjalankan kehidupan didunia ini, sedangkan akal dan nafsu hanya sebagai penunjang menuju kesempurnaan diri manusia. Dengan akal kita bisa menentukan mana yang hak dan mana yang bathil, demikian dengan nafsu manusia bisa membedakan mana yang hak dan mana yang bathil.
Dalam kehidupan manusia dijaman sekarang ini kadang manusia lupa menggunakan akal sehatnya dengan benar, manusia kadang lebih cenderung mengutamakan nafsu untuk menguasai akal sehat, sehingga akibatnya timbul rasa keserakahan, ketidakpedulian antar sesame manusia yang akhirnya mengakibatkan perbedaanperbedaan diantara manusia itu sendiri, dihadapan Allah manusia itu sama, sedangkan yang membedakan manusia dihadapan-Nya hanyalah perbuatan manusia itu sendiri. Akibat dari ulah tersebut, kita mengenal manusia yang fakir dan miskin itu disebabkan karena mereka memiliki kefakiran ilmu. Adanya ketidaksetaraan hidup dapat berdampak pada timbulnya krisis keilmuan dan ketaqwaan manusia dimuka bumi ini.
Berdasarkan hal tersebut, dan dengan dasar niat yang sangat tulus serta ikhlas dan dengan rasa kebersamaan kita membentuk suatu wadah yang diberi nama Yayasan Haji Sabih Goenadjaya Dikoesoemah, guna membantu sesame manusia didalam melangkah menuju kehidupan dunia dan akhirat yang diridloi Allah.
Akhir kata satu harapan kami dalam Yayasan ini adalah merubah kaum muslimin dan muslimat pada khususnya dan sesame manusia pada umumnya untuk dapat menjadi manusia yang berguna bagi dirinya, keluarga, agama, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

B. Visi dan Misi Yayasan
1. Visi
Mencerdaskan generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa, dan mensejahterakan umat agar tidak lagi dalam kefakiran ilmu.
2. Misi
a. Menjadikan anggota dan seluruh lapisan masyarakat agar kembali kepada fitrahnya sebagai pemimpin bagi dirinya sendiri, bagi keluarganya, dan masyarakat secara umum.
b. Bisa memberikan manfaat bagi orang lain menuju kehidupan yang lebih baik dengan pembinan berkesinambungan yang lebih mengutamakan pada Kualitas Keimanan dan Ketaqwaan anggota dan masyarakat umum dengan berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Sunnah Rasul.
c. Mengajak bersama-sama Alim Ulama’, kasepuhan, tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat untuk bersatu, bergotong royong, menyumbangkan yang kita miliki baik tenaga, materi, pemikiran serta doa bagi tercapainya masyarakat yang adil, makmur, sejahtera, sehat lahir batin dengan tujuan mengharapkan keridloan Allah SWT.

C. Maksud dan Tujuan Pendirian Yayasan
Dengan berdasarkan cita-cita luhur untuk mengabdi pada masyarakat tanpa mengenal pamrih, maka maksud dan tujuan didirkannya Yayasan ini adalah turut serta memelihara dan meningkatkan kesejahteraan dibidang social, kemanusiaan serta keagamaan, baik bagi para anggota Yayasan dan masyarakat pada umumnya, yang dikelola dengan baik, mandiri, transparan dan akuntabel.

D. Rencana Kerja Yayasan
1. Rencana Kerja Jangka Pendek (satu sampai enam bulan pertama)
Rencana Kerja Jangka Pendek Yayasan Haji Sabih Goenadjaya Hadikoesoemah yang sudah disepakati bersama mulai dari Dewan Pimpinan Pusat, Dewan Pimpinan Daerah, Dewan Pimpinan Cabang, Dewan Pimpinan Kecamatan sampai Koordinator Desa (KORDES) adalah sebagai berikut :
a. Membuat serta menyusun Administrasi serta keuangan Yayasan.
b. Melengkapi seluruh aspek legalitas Yayasan.
c. Persiapan renovasi Kantor Yayasan.
d. Mengadakan sarana serta prasarana kantor Yayasan.
e. Penyeleksian Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melengkapi Pengurus Yayasan.
f. Pengajuan rencana dari setiap coordinator bidang.
g. Pematangan dan penyusunan kerja yang sudah disetujui.
h. Memilih serta menunjuk pelaksana lapangan.
2. Rencana Kerja Jangka Menengah (Enam bulan sampai satu tahun pertama)
Rencana Kerja Jangka Menengah Yayasan Haji Sabih Goenadjaya Hadikoesoemah yang sudah disepakati bersama adalah sebagai berikut :
a. Melaksanakan apa yang teah disusun dalam Rencana Jangka Pendek Yayasan.
b. Pelaksanaan dari setiap bidang dengan penjadwalan yang tepat guna, teliti dan efisien.
c. Membuat serta menyusun laporan pertanggunjawaban structural dari bawah keatas agar didapat pengurus yang baik dan benar.
d. Pengawasan independen sebagai quality control dari laporan dengan kondisi lapangan agar mendapatkan kwalitas, kwantitas serta jadwal yang tepat.
e. Setiap pelaksana lapangan selalu membiasakan memberikan pengarahan sebelum dan sesudah pelaksanaan program kerja (Evaluasi).
3. Rencana Kerja Jangka Panjang (Satu Tahun Pertama)
Melaksanakan apa yang sudah dituangkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Yayasan dengan rasa penuh tanggungjawab dan selalu berusaha memberikan sesuatu yang lebih baik.

E. Tugas, Pokok dan Fungsi Pengurus Kecamatan
1. Menumbuhkembangkan, memantapkan dan membina wilayah kerja diberbagai tingkatan structural ditingkat kordes.
2. Menjaga persatuan dan kesatuan seluruh anggota yayasan disemua tingkatan structural.
3. Memimpin dan membina pengurus wilayah kordes.
4. Melaksanakan program kerja Dewan Pimpinan Daerah sesuai dengan apa yang telah ditetapkan atas arahan dan persetujuan Pembina.
5. Menegakkan disiplin anggota pengurus yayasan di tingkat wilayah kerja kecamatan.
6. Memberikan sanksi dan hukuman serta penghargaan terhadap anggota pengurus yayasan sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga atas persetujuan Dewan Pimpinan Daerah.
7. Apabila terjadi kekosongan jabatan dalam kepengurusan maka Ketua Pimpinan Anak cabang wilayah kerja Kecamatan mengusulkan berdasarkan rapat anggota pengurus kerja Kecamatan kepada Dewan Pimpinan Daerah untuk selanjutnya dapat diusulkan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat.
8. Membuat dan menarik surat penugasan bagi pengurus kerja Kecamatan yang akan dan sedang melaksanakan tugas kerjanya pada lembaga lain ataupun berbagai tingkatan structural dibawahnya.
9. Merencanakan, mempersiapkan dan menyelenggarakan musyawarah kerja wilayah kecamatan atas arahan Dewan Pimpinan Daerah dan Ketua Umum.
10. Mempersiapkan dan menyampaikan laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan program kepada Dewan Pimpinan Daerah untuk dilaporkan ke Dewan Pimpinan Pusat.
11. Mengadakan kegiatan diberbagai bagian dan tingkatan structural dibawahnya sebagai langkah koordinasi dan solusi terhadap langkah-langkah pelaksanaan program kerja yayasan secara optimal dan tepat sasaran.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s